Pijat Es Sebelum Bersalin
Info Sehat – Monday, 26 July 2004

Kafemuslimah.com  Sakit hebat menjelang persalinan membuat nyeri sebagian wanita. Padahal  bongkahan es batu yang biasa dipakai untuk mengawetkan ikan laut bisa membebaskan mereka dari derita itu. Pecahan es batu secukupnya dimasukkan ke dalam handuk tangan. Lalu ditekan-tekan pada titik dipunggung tangan di antara jempol dan telunjuk – disebut LI-4 pada pengobatan tradisional Cina. Cara itu efektif meredam sakit akibat kontraksi.

Itulah laporan teranyar Journal of Midwifery and Woman’s Health.
Sebuah studi dilakukan pada 49 wanita hamil berusia 16 – 38 tahun yang sedang menanti kelahiran. Mereka menerima perlakuan pijat es selama kontraksi berlangsung pada salah satu tangan.

Pemijatan diulangi pada tangan lainnya bergitu kontraksi   selanjutnya terjadi. Itu terus dilakukan bergantian hingga total waktu perlakuan mencapai 20 menit atau sudah mencapai kontraksi ke– 4.

Hasilnya intensitas dan derajat kenyerian kala kontraksi berkurang.
Intensitas sakit berkurang 19% bila pemijatan di tangan kanan; tangan kiri , 50%. Derajat kenyerianpun hanya menyebabkan ketidaknyamanan, tidak sampai membuat stress. Daripada menghindari sakit dengan bius tapi beresiko buruk pada bayi yang dilahirkan, para ibu lebih baik memilih terapi pijat es. Aman dan bisa dilakukan oleh siapapun.

Disalin dari : Majalah Trubus No. 411 Februari 2004
Disalin oleh: lis susilowati
lebih jauh monggoh ke; http://kafemuslimah.com/article_detail.php?id=404