Ada seorang teman pulang dari KKN mendapatkan keluhan dari temannya. perihal perilaku ‘oknum-oknum’ rohis yang secara ‘tidak tepat’ mengajaknya ikut kegiatan dakwah.

Dampaknya cukup menghawatirkan. objek da’wah tersebut jadi antipati terhadap kegiatan-kegaitan rohis di kemudian hari. jika begini masllahat da’wah jadi terhalang oleh sikap dan perilaku para aktivis dakwah yang kurang bijak dalam bersikap kepada objek dakwahnya.

Keluhan yang sebenarnya tidak perlu sampai terjadi jika ia mau belajar menyampaikan dakwah dengan hikmah. Hikmah adalah tepat dalam perkataan, perbuatan dan keyakinan, serta meletakkan sesuatu pada tempatnya yang sesuai, dan hal itu tidak akan tercapai melainkan dengan membangunnya di atas pilar-pilarnya, dan pilar yang paling utama -selain bijaksana dan tidak tergesa-gesa- adalah ilmu yang dilandaskan di atas Al Qur’an dan hadits dengan pemahaman generasi terbaik umat ini dan para ulama yang setia meniti jalan mereka. Maka seseorang tidak akan bisa bersikap hikmah dalam berdakwah melainkan jika dia melandaskan sikap-sikapnya di atas dalil-dalil dari kitab dan sunnah serta pemahaman salafush shalih. berikut ada makalah yang saya pikir cukup ringkas membahas masalah tersebut. klik disini untuk mendownload makalah. dan disini untuk file ceramah MP3nya.

semoga allah menerangi jalan da’wah kita dengan ilmuNya. sehingga manfaat dakwah menghijaukan bumi ini. wallahu  a’lam.