upgrade wordpress memang perlu hati-hati. itu setidaknya yang menjadi hasil belajarku akhir bulan september 2010. bermula dari niat baikku menaikan performance wordpressku, aku upgrade otomatis wordpressku pake menu upgrade yang ada di dashboard. wah dalah, bukan wordpressku makin ciamik malah jadi eror. ketika aku ketikan nama domainku yang muncul adalah halaman warna putih dan bertuliskan Fatal error: Call to undefined function get_option() in /home/yarobbi/public_html/wp-admin/admin.php on line 22.

waduh,,, apa pula ini.

yawdah, akhirnya perburuan mencari solusi segera dimulai. mulai deh aku googling materi yang bertema eror ke forum-forum wordpress.ehm, banyak alternatif solusi untuk banyak hal yang mirip dengan kasus yang aku alami, tetapi aku belum nemu yang pas sama. aku juga bertanya-tanya kepada yang sudah ahli, alhamdulillah pencerahan demi pencerahan -dengan izin Allah- membuatku mampu untuk mendapatkan solusi. ya jelas dengan efek mengurangi tidur selama beberapa hari untuk bertapa di depan laptop ditemani modem ZTE smart evdo.

awalnya aku trial eror ngedit script dari Cpanelnya. yach ga mudeng juga ni sama bahasa aneh gini. lo kog aan pinter men sampai merujuk pada script di cpanel? ah ndak juga, pertama jelas ada yang membimbing. aku dikasih tahu cara mbaca bacaan eror yang tampil. ya ni sepemahamanku aja, kalo muncul kode eror Fatal error: Call to undefined function get_option() in /home/yarobbi/public_html/wp-admin/admin.php on line 22. itu artinya, pertama kita harus masuk cpanelnya. ketik http://www.namadomainanda.com/cpanel. lalu stelah masuk c panel klik ke public_html terus masuk ke wp-admin terus di dalam situ cari admin.php. nah diadmin php buka aja pake code editor yang ada di bagian dashboard atas cpanel. ya kalo yang mudeng coding, silakan laksanakan tugas anda sebaik-baiknya disitu. nek aku, jujur, saat ni belum mudeng.

la lalu solusinya gimana An?

aan solution:

1. tetap masuk c panel

2. bikin backupan dulu

3. upgrade manual wordpressnya tapi tetap dengan menjaga agar wp-content dan wp confightnya tetap dijaga. (kenapa dua hal ini dijaga, aku kurang mudeng, aku nurut aja sama artikel-artikel di internet)

4. pasca diupgrade, alhamdulillah wordpressku sembuh.😀, he he.

Semoga sharingku kali ini bisa bermanfaat. Special thanks for untuk Pak Taryono Putranto dan Bu River Maya atas advicenya.

ayo, simak diskusi lainnya juga di catatan facebookku.