Pada kenyataannya, kita menulis sesuatu di blog diharapkan bisa memberi manfaat yang luas bagi orang lain. Iya sih apa yang kita share barangkali kadang adalah hal yang sangat ‘remeh’ dalam pandangan kita sendiri atau orang lain yang mungkin lebih tahu.

Tetapi menurutku, ketika itu memang baik dan kita niatkan agar bisa menambah kebaikan bagi orang  lain, mengapa tidak sesuatu itu kita share dan kita bagi. Nek saya sih selalu yakin, bahwa apa yang kita share Insya Allah memberikan manfaat bagi orang lain. Tinggal apa yang kita share ayo kita optimalkan agar bisa bermanfaat ke arah positif dan peningkatan kualitas diri dan orang yang membacanya.

ups,, lho malah kemana-mana aku ngetiknya.

untuk Kali ini, aku mau share gimana agar tulisan kita lebih mudah diketahui banyak orang, ya selain kita link kan blog kita dengan social media macem facebook atau twetter, kita bisa mulai dengan mendaftarkan blog kita ke mesin pencari. Ya, ni sih sikap proaktif kita membantu mesin pencari menemukan kita. Ya sih tanpa kita daftarkan mesin pencari pun lama-lama akan mengindeks web atau blog kita, tapi apa ya mau pasif aja nunggu?

Trus gimana?

ya submit webmu ke mesin pencari.

Apa ke semua mesin pencari?

menurutku sih, ke yang gede-gede aja. macem Kang Google, Bing, sama Yahoo. Ada lagi sih mesin pencari (search Engine) yang nagus dan gede juga, cuma full bahasa cina, jadi aku kurang ngerti gimana ndaptarkan ke sana. Namanya Baidu, googlenya orang cina.

Trus cara submit/ndaftarin web atau blog kita gimana?

Ni caranya,

  1. Kalo ke Google, klik alamat berikut http://www.google.com/addurl/. Masukan web anda disitu. inget, disini anda harus punya Account di Google.
  2. Kalo Ke Yahoo, Pasang aja lewat https://siteexplorer.search.yahoo.com/submit. Submit lewat situ.
  3. Kalo Ke Bing/MSn, Pasang lewat http://www.bing.com/webmaster/SubmitSitePage.aspx. Daftar disitu.

Oke, kalo dah daftar dan ikuti prosesnya disitu, coba deh dalam waktu dekat di jajal masukin nama web kita di mesin pencari itu misal di google, Yahoo, atau di MSN. Insyallah kalo sudah kita submit tadi, web kita sudah nangkring di mesin-mesin pencari besar itu sekaligus di index ulang sama mesin pencari gurem lainnya.

semoga bermanfaat. Diskusi dan lain-lain comment di bawah ya. Terima Kasih.😀.