Luar biasa, di padang aku dipertemukan oleh Allah dengan mas Irwan. Beliau seorang tuna netra yang saat ini menjabat sebagai wakil direktur eksekutif yayasan mitranetra jakarta dan kemarin di payakumbu sama-sama di undang untuk mengisi pelatihan indoor+outdoor Succes Coach bagi Para tunanetra 18-20 Feb 2011 se payakumbu, sumatra barat.

Beliau cerita sama saya kalau dirinya mengalami kebutaan sejak berumur 9 tahun.

Aneka jenis pengobatan telah di jajal oleh dirinya dengan harapan bisa mengembalikan penglihatannya.Namun, hari semakin hari dirinya justru semakin putus asa sebab banyak upayanya itu sama sekali tidak memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkannya. Badan semakin hancur sebab sudah ndak enak makan serta malas melakukan apapun.

Subhanallah,

bumi dan langit dengan yang terjadi pada hari ini.

segudang prestasi nasional maupun internasional telah di sandangnya.

banyak proyek kebaikan bagi para tunanetra dipimpinnya.

sempat menulis buku pula, bahkan bukunya best seller.

Empat hari sekamar bersama beliau,

bisa ngunduh pengalaman,

sharing di tema-tema yang bisa disharekan,

malah bak private coach jadinya.

Salah satunya adalah Teknik terapi yang disebut Statement Technique yang saya akan sharekan berikut.

Jika Anda biasa mengamati perkembangan aneka terapi psikologi populer, Statement Technique bisa kita uraikan bahwa dia berasal dari beberapa gabungan tekni terapi yang lain. Ada NLPnya, Ada Sedona Methodnya, ada unsur EFTnya, dan Ada unsur Terapi ikhlash dari sisi psikologi transpersonalnya.

Caranya gimana?

sabar ya.

Secara umum Statement Technique berguna untuk mengasi segala permasalah tidak nyaman dalam diri kita. Namun, pendapatku, teknik ini juga akan tetap berguna mentralisir aneka keluhan-keluhan fisik.

contohnya nih,,,

kasusnya patah hati.

Langkah-langkahnya:

1. Ambil posisi yang nyaman.
ambil napas dari hidung, buang sebanyak-banyaknya dari mulut. Ulang teknik napas ini sampai diri anda merasa tenang dan rileks. atau bisa gunakan cara relaksasi lain agar bisa mencapai kondisi Alpha/khusyuk.

2. Sadari adanya perasaan tidak nyaman dalam diri. Contohnya perasaan sakit hati sebat di putus pacar. Sadari hadirnya perasaan sakit itu, seberapa dalam sakitnya, rasakan, sadari, akui adanya perasaan itu dalam diri Anda. Boleh juga langsung di tambahkan teknik mengkalkulasikan seberapa besar derajat sakitnya. Katakanlah skor 0 itu tidak sakit, skor 10 sakit banget. intinya, sadari adanya perasaan sakit itu.
3. Setelah itu, bernapas senyaman mungkin, lalu katakan statement berikut (kata-kata yang berhuruf besar bisa diganti sesuai keluhan Anda):

“Walaupun saya SAKIT HATI INI SEBAB PUTUS CINTA, saya tetap pasrah padaMu ya Allah dan saya tetap menerima dan mencintai diri saya sepenuhnya. Saya mengijinkan dan memutuskan untuk melepas semua emosi negatif yang berhubungan dengan RASA SAKIT HATI INI, sekarang dan sekaligus dengan cara yang mudah dan membahagiakan, demi kemajuan hidup saya “.

Intinya begitu, pilihan kata-kata yang lebih pas degan diri anda. Bisa disesuaikan sesuai selera dan kenyamanan.

4. Langkah ke empat, di ulang-ulang 2 atau 3 kali sampai merasa lebih nyaman. Semuanya butuh proses, biasanya setelah melakukan deklarasi statement tadi, derajat sakitnya dah berkurang drastis. katakanlah tadinya skor 9, sudah jadi 4 atau 3. Insyallah bisa ternetralisir sampai nol asal tekun terus melakukannya.

Dan memang sih ada semakin kita bisa mengetahui akar masalahnya, masalah itu sendiri bisa cepat diselesaikan. Semoga oleh-oleh Oleh-oleh Ilmu therapi dari payakumbu yang bernama Statement Teknik ini bisa bermanfaat buat teman-teman skalian.

Artikel pacaran lainnya klik disini