Pertama mengenal bahasa esperanto sebenarnya gara-gara bergaul sama orang-orang yumeiho. Konon yumeiho bisa sampai ke indonesia tidak lepas dari peran esperantinis/ para pengguna bahasa esperanto yang ada di indonesia. kitabnya yumeiho dasarnya dulu berbahasa esperanto juga yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia.

Nah kemarin kemarin di facebook di ajak belajar bahasa esperanto sama dokter tommy, salah peserta pelatihan yumeiho yang kami selenggarakan disemarang, ke rumahnya areea gamping jogja. Wah dalah, ke gamping ya,, oke deh, bisa aja sih. BEliah juga ngasih tau sofware yang bisa buat belajar bahasa esperanto

yang bisa di download bebas di http://4shared.com/file/pD​TAe69w/kurso.html. Silakan kalo ada yang mau download.

La bahasa esperanto itu sendiri apa?
setauhuku sekarang, itu bahasa orang-orang ciptakan demi mempersatukan bahasa sedunia. Sebagai jembatan orang dari negara satu ke negara lain dengan bahasa yang mudah. Konon sih bahasa esperanto dibuat juga oleh utusan orang-orang dari banyak negara, jadi bukan ciptaaan satu bangsa atau suatu negara tertentu saja. Bahasa yang memang diciptakan bersama buat bersama oleh banyak negara. wah seru kan? makanya aku juga mau belajar bahasa esperanto.