Blognya Anjrah – Saya baru mengalami hal yang membuat saya akhirnya bisa sharing Cara Menambah User dan Merubah Pasword USer pada Linux Debian hehe.

Apa itu? suatu hari saya nggak bisa root access ke server saya di Digital Ocean. Aku minta bantuan supportnya, suruh reset pasword. Setelah aku reset pasword, akhirnya bisa login lagi.

Langkah selanjutnya aku menambahkan user baru ke serverku agar kalau lupas saya bisa ganti masuk pakai user lainnya. Misal kita mau menambahkan  user bernama gondrong.

Caranya?

Masuk ke linuk dengan Root Access. Lalu ketik aja di consolenya (oya aku pakai Tuxlite di servernya) bab tuxlite cek di tuxlite.com:

CD /usr/tuxlite

adduser gondrong

Masukan apa paswordnya, retype paswordnya, kolom yang muncul di enter enter aja (nggak usah di isi). Dah gitu aja udah selesai.

Lalu gimana ganti pasword yang udah lupa?

Katakanlah kita mau mengganti pasword dari user gondrong, maka dari konsole ketik aja: passwd gondrong lalu masukan pasword baru, retypr pasword barunya.

Maka sudah selesai. Lanjutkan dengan restart nginx, restart php fm agar teraplikasikan ke server kita. Kayaknya gitu sih. Saya juga anak baru di materi ini. #CMIW